Friday, June 24, 2016

Cari CPU/Komputer Bekas Online di Tokopedia

Di era laptop makin berjaya, komputer desktop second/bekas tetap dibutuhkan.  Solusi hemat untuk toko, kantor kecil, lab sekolah, dll.  Barangkali limbah di negara asalnya sana, ex Singapore, dll, masih ada nilainya di negara kita, kreatif (atau kere aktif).   

cpu bekas tokopedia coa windows
COA Windows 7 Profesional Original


Saya sendiri beli CPU second build up via online, untuk tambahan komputer di rumah/toko, setelah laptop almarhum di tahun ke-5.  Beli CPU baru harganya bisa 7 - 10 X lipat termasuk sistem operasinya (Windows 7/8/10)

Cari online selain lebih bebas memilihnya juga perbandingan harga yang relatif ketat, tidak capek daripada keliling toko fisik komputer bekas.

CPU second build up setidaknya relatif lebih baik dibandingkan rakitan, sudah bundling dengan sistem operasi Windows dengan COA original tanpa perlu keluar biaya tambahan (jaga2 razia software)


Ada banyak merk; HP Compaq, Dell, Lenovo, dll.  Ada beberapa situs belanja online yang telah saya ubek-ubek (Tokopedia, Bukalapak, dll).  Akhirnya lebih fokus ke Tokopedia, lebih ga bikin capek karena ijo dominan (subyektif kali) dan pengalaman telah belanja via tokopedia lebih puas sebelumnya.

cpu bekas tokopedia banyak macamnya
CPU bekas  macam-macam - Tokopedia

Beberapa hari berburu sambil lalu mengerucut pada tipe ultraslim HP atau Lenovo mini cpu. 

Pemenangnya Lenovo M7359 Desktop Ultra Slim, sesuai budget 


cpu bekas tokopedia lenovo m7359
Lenovo M7359 Dekstop UltraSlim - Foxcomp

Perlu diperhatikan selain harga adalah berat barang, ada barang yang sama harga sama/lebih murah tetapi dicantumkan berat yang lebih tinggi, total dengan ongkirnya bisa jadi lebih mahal.  

Pilih alamat rumah sendiri di kabupaten selisih dengan kota 60rb-an (padahal cuma 3 km dari kota), ya sudahlah pinjem alamat saudara di kota, lumayan hemat karena bersamaan dengan paket2 lain, bisa hemat 200rb-an total selisih ongkirnya


cpu bekas tokopedia lenovo m7359
Pinjam alamat di kota - biaya kirim lebih murah 60rb-an

cpu bekas tokopedia lenovo m7359 pembayaran
Total waktu 5 hari (3 hari pengiriman) - not bad lah
cpu bekas tokopedia lenovo m7359 review
1 bulan sudah menemani, nonstop 8 jam-an/hari 

Itulah seninya beli CPU second, dengan segala resikonya, spare part terkadang harus kanibal, tetapi selama ini relatif jarang bermasalah, untuk pemakaian hingga tewas CPU-nya diatas 2 tahun masih tinggi value for money-nya 

Lenovo M7359 Desktop Ultra Slim ini adalah CPU second kedua sejak tahun 2000-an, kebanyakan adalah merakit sendiri.  Compaq Pentium II 450Mhz dengan RAM 64Mb, HDD 6,4GB (kalau ga salah) jadi komputer second build up pertama untuk belajar  bongkar pasang dan instalasi. 




0 komentar:

Post a Comment

Comments system